Keutamaan Berhijab

Sesungguhnya agama Islam memerintahkan setiap orang muslim agar mencintai saudaranya
bagaikan mencintai dirinya sendiri, kemudian menghindari mereka dari keburukan sebagaimana ia menghindarkan diri daripadanya, nasehat menasehati demi men- ta'ati kebenaran yang telah didatangkan dari Allah dan Rasul-Nya, baik itu berupa perintah maupun larangan, dengan hati rela mematuhinya.

Demi kesucian masyarakat serta demi keutuhan dan kehormatan seorang muslimah dari
kemaksiatan dan dari kecerobohan orang jahil, maka Islam menganjurkan perkawinan dan
mengharam- kan perbuatan zina. Maka demi kesucian dan keutuhan, Allah Maha Penyayang
memerintahkan para muslimah agar mengenakan hijab (jilbab), supaya berada di sisi Allah, dan ditempat sejauh mungkin dari perbuatan keji yang dapat menimpa pada diri kaum muslimah. setidaknya muslimah yang berhijab harus memenuhi syarat-syarat hijab atau jilbab sebagai berikut dan inilah jilbab yang syar'i dan benar :

1. Menutupi seluruh tubuh, sebagaimana yang difirmankan Allah
2.Maksud daripada berhijab adalah untuk menutup tubuh wanita dari pandangan laki-laki. Jadi, bukan yang tipis, yang pendek, yang ketat, tau berkelir serupa dengan kulit, mau pun yang bercorak dan yang bersifat mengundang penglihat- an laki-laki.
3. Harus yang longgar, sehingga tidak menampakkan tempat- tempat yang menarik pada
anggota tubuh.
4.Tidak diberi wangi-wangian
5. Pakaian wanita tidak boleh menyerupai laki-laki
6.Tidak menyerupai pakaian orang kafir
7. Berpakaian tanpa bermaksud supaya dikenal, baik itu dengan mengenakan pakaian yang
berharga mahal maupun yang murah, jika niatnya untuk dibanggakan karena harganya
atau- pun yang kumal jika bermaksud agar dikenal sebagai orang yang ta'at (riya').

Sungguh fenomena jilbab pada saat sekarang, membuat kita di satu sisi patut bersyukur, wanita sudah tidak malu lagi untuk berjilbab di manapun tempatnya sehingga jilbab benar-benar telah membudaya di masyarakat dan dianggap sesuatu yang lumrah.Namun di sisi lain jilbab yang sesungguhnya harus memenuhi prasyarat jilbab syar'i sebagaimana di atas seakan telah berubah fungsi dan ajaran, banyak sekali dan telah bertebaran dimana-mana jilbab yang bukan lagi syar'i tapi lebih terkesan trendy dan mode atau lebih dikenal dengan jilbab funky yang kebanyakan dari semua itu adalah menyimpang dari syarat-syarat syara' jilbab yang sebenarnya.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »